Demi meningkatkan keamanan akun SISTER, kini tersedia fitur Manajemen Sesi di akun SISTER. Saat ini, fitur “Manajemen Sesi” tersedia dan dapat diakses oleh akun SISTER dengan peran Dosen. Dengan hadirnya fitur ini, Dosen dapat menjaga keamanan akun SISTER masing-masing karena dapat memantau dan mengelola aktivitas atau sesi akun.

Secara detail, fungsi Manajemen Sesi digunakan untuk:

  1. Melihat riwayat aktivitas penggunaan akun
  2. Mengendalikan sesi aktif
  3. Memilih aktivitas atau sesi yang perlu dilakukan log out dari perangkat yang mencurigakan

 

Selanjutnya, mari simak panduan untuk Dosen dapat mengakses fitur “Manajemen Sesi”:

1. Login ke akun SISTER dengan peran Dosen.

2. Klik “Pengaturan”, pilih “Manajemen Sesi”.

Manajemen Sesi 1.png

3. Di dalam fitur “Manajemen Sesi”, Dosen Dosen dapat melihat data seperti:

  • Alamat IP
    Alamat IP yang login dan mengakses akun SISTER terkait.
    Contoh: 192.158.1
  • Lokasi Sesi
    Lokasi login dan mengakses akun SISTER terkait.
    Contoh: Jakarta, Indonesia
  • Browser
    Browser yang digunakan untuk akses akun SISTER terkait.
    Contoh: Chrome, Safari, Mozilla.
  • Sistem Operasi
    Sistem operasi yang digunakan untuk mengakses akun SISTER.
    Contoh: Android 13, Windows 11.
  • Terakhir Aktif
    Informasi tanggal, bulan, dan tahun terakhir aktif mengakses akun SISTER.

Manajemen Sesi 2.png

4. Apabila terdapat aktivitas atau sesi yang mencurigakan pada Manajemen Sesi, atau apabila ingin menghindari risiko yang berdampak pada keamanan akun, Dosen dapat memilih sesi yang akan dikeluarkan. Silakan klik pada kotak yang tersedia di sebelah kiri tiap sesi, atau klik “Pilih Semua”.

5. Setelah memilih sesi, silakan klik “Keluar dari Sesi”.

Manajemen Sesi 3.png

6. Setelah klik “Keluar dari Sesi”, Dosen akan menerima pesan konfirmasi seperti gambar di bawah ini.

  • Klik “Ya, Keluar” apabila sudah yakin untuk keluar dari sesi atau log out pada sesi terkait.
  • Klik “Periksa Kembali” apabila belum yakin untuk keluar dari sesi.

Manajemen Sesi 5.png

7. Jika sudah berhasil keluar dari sesi, maka akan muncul pesan seperti gambar di bawah ini.

Manajemen Sesi 4.png

 

 Untuk mengetahui tips lebih lengkap terkait menjaga keamanan akun SISTER Dosen, silakan
 simak pada artikel berikut:

 Cara Menjaga Keamanan Akun SISTER Dosen

 

FAQ

  • Kapan Dosen perlu memilih untuk keluar dari sesi?
    Dosen dapat memilih keluar dari sesi tertentu apabila dirasa ada sesi login yang sudah tidak diperlukan, mencurigakan (bukan dari IP dan lokasi Dosen), dan sebagainya sesuai kebutuhan Dosen masing-masing.

  • Apakah fitur Manajemen Sesi tersedia di akun SISTER dengan peran selain Dosen?
    Saat ini hanya tersedia di akun SISTER dengan peran Dosen.

  • Apabila saya login di laptop menggunakan browser Google Chrome, kemudian saya berpindah ke browser Microsoft Edge, apakah akan terhitung sebagai sesi baru?
    Ya, jika akun Dosen login di browser lain akan terhitung sebagai sesi yang baru.