Soal Sering Ditanya (SSD)
Berikut adalah kumpulan Soal Sering Ditanya pada sesi Sosialisasi Persiapan Perilisan SISTER (Versi Cloud) yang dilaksanakan pada 26 Juni 2023.
(Klik pada kalimat pertanyaan untuk membuka jawabannya)
Setelah perilisan SISTER (Versi Cloud) di Agustus, dimohon agar SISTER Perguruan Tingginya tidak dinonaktifkan terlebih dahulu, dan menunggu informasi lebih lanjut terkait linimasa penonaktifan. Perlu diingat, ketika SISTER (Versi Cloud) sudah rilis nanti akan ada penginformasian di SISTER PT untuk menggunakan SISTER Cloud.
API SISTER akan dilakukan sentralisasi juga ke Versi Cloud, sehingga diperlukan penyesuaian integrasi oleh PT yang menggunakan API SISTER, linimasa pengintegrasian kurang lebih akan di minggu ke 3 bulan Juli, nanti akan ada informasi lebih lanjut.
Perubahan hanya untuk endpoint-nya saja
Akan ada informasi lebih lanjut, saat ini tim sedang memastikan API sudah ok. Karena nantinya API nya akan berpindah (estimasi pada minggu ketiga Juli akan diinfokan lebih lanjut).
Akan ada informasi lebih lanjut, saat ini tim sedang memastikan API sudah ok. Karena nantinya API nya akan berpindah (estimasi minggu ketiga Juli akan diinfokan lebih lanjut)
Ketika SISTER Versi Cloud sudah rilis, PTS akan berpindah ke SISTER Versi Cloud
API nantinya akan berubah, dan akan diinfokan di minggu ketiga Juli
Setelah perilisan SISTER (Versi Cloud ) di Agustus, dimohon agar SISTER Perguruan Tingginya tidak dinonaktifkan terlebih dahulu, dan menunggu informasi lebih lanjut terkait linimasa penonaktifan. Perlu diingat, ketika SISTER (Veris Cloud) sudah rilis nanti akan ada penginformasian di SISTER PT untuk menggunakan SISTER Cloud.
Setelah perilisan SISTER (Versi Cloud ) di Agustus, dimohon agar SISTER Perguruan Tingginya tidak dinonaktifkan terlebih dahulu, dan menunggu informasi lebih lanjut terkait linimasa penonaktifan. Perlu diingat, ketika SISTER (Versi Cloud) sudah rilis nanti akan ada penginformasian di SISTER PT untuk menggunakan SISTER Cloud.
Setelahnya, Server mandiri dapat dipakai untuk keperluan lain di PT Bapak/Ibu.
Proses akan berjalan seperti biasa sesuai dengan SLA yang ada
Dapat menggunakan SISTER PT versi terbaru untuk bulan Juli dan berpindah ke SISTER Versi Cloud di bulan Agustus
Tidak perlu, data tetap sama.
Data yang akan berpindah adalah data yg sesuai versi SISTER 15 Mei ke atas, di mana untuk BKD lampiran pengajaran harus berbentuk tautan.
SISTER PT akan beralih ke Cloud ketika rilis di Agustus, namun untuk penonaktifan SISTER PT akan diinfokan kembali
Saat ini sedang dalam tahap eksplorasi
Ketika jika sudah berpindah ke SISTER Versi Cloud, data sudah tersentralisasi, dan proses pindah homebase melalui akses.kemdikbud.go.id masih diperlukan untuk memindahkan homebase-nya, namun ke depannya akan kami optimasi kembali
Karena data SISTER Versi Cloud sudah tersentralisasi, maka ketika pindah homebase data dapat terbawa ke homebase yang baru.
Akan kami cek kembali, harapannya dapat terbawa ke PT yang baru
Keduanya tidak masalah selama berupa tautan/link.
Cut off Ajuan terakhir pada 2 Agustus 2023
Untuk lampiran pengajaran dosen dapat menggunakan tautan dari Google Drive, selama berbentuk link dan dapat dibuka, tidak apa-apa untuk menggunakan Google Drive pribadi
Selama usulan sudah disampaikan melalui PDDIKTI ataupun SISTER, akan diproses dan datanya akan terbawa ke SISTER Versi Cloud
Dilakukan setelah versi Juli sudah tersedia di bulan Juli mendatang
Untuk melihat versi SISTER, silakan mengetikkan alamat SISTER PT/versi. misal sister.ui.ac.id/versi . Akan coba ditambahkan fitur export excel untuk LLDIKTI di sister.kemdikbud.go.id (rtp)
Versi Terbaru akan ada di awal Juli, akan diinformasikan kembali ketika versi SITER PT awal Juli sudah tersedia
Sesuai dengan linimasa paparan. Untuk bulan Juli menggunakan SISTER PT lama, untuk Agustus berpindah ke Cloud
Bisa diinfokan ke Pusat Bantuan untuk dibantu remote
Untuk kendala terkait SISTER, dapat dilaporkan melalui kanal Pusat Bantuan yang telah dijelaskan pada paparan hari ini.
1. Apabila ada kendala ketika melakukan update, dapat diinformasikan melalui Pusat Bantuan.
2. Untuk versi awal Juli akan dirilis di minggu pertama bulan Juli, nanti akan disampaikan surat pemberitahuan untuk update versi ketika sudah tersedia.
Bisa diinfokan ke Pusat Bantuan untuk dibantu.
Progress ajuan dapat dilihat baik dari Dosen maupun Admin PT, untuk mengetahui posisi terakhir ajuan
Bisa diinfokan ke Pusat Bantuan untuk dibantu
Dosen dapat melakukan registrasi SISTER di PT Bapak/Ibu. Jika masih ada kendala dapat diinfokan ke Pusat Bantuan
PT baru yang belum instal SISTER dan belum ada kebutuhan untuk instal SISTER, bisa langsung menunggu ke SISTER Versi Cloud. Jika masih migrasi, diselesaikan dulu baru diproses instalasi di PT yang dimigrasi
Akan dikroscek di sistem, untuk kendala serupa di kemudian hari silakan menyampaikan ke Pusat Bantuan
Tidak ada masalah
- Lakukan sinkronisasi secara berkala
- Jika isu masih terjadi, silakan laporkan ke Pusat Bantuan agar dapat dikroscek ke dalam sistem
Boleh diinformasikan ke Pusat Bantuan untuk dilakukan pengecekan
Betul untuk pembaruan versi dilakukan untuk SISTER kampus/Perguruan Tingginya, kemudian jangan lupa untuk melakukan sinkronisasi
Untuk bulan Juli berjalan seperti biasa dan nanti di Agustus berpindah ke SISTER versi Cloud
Untuk tautan dapat menggunakan file yang disimpan di Google Drive ataupun pada aplikasi kampus
Tidak ada, selama tautan dapat dibuka, tidak masalah.
Tautan dibutuhkan apabila proses penilaian BKD berlanjut di bulan Agustus menggunakan SISTER Versi Cloud
Tidak, linimasa Layanan Serdos Gelombang 2 akan menunggu rilis SISTER Versi Cloud
Registrasi akun SISTER dapat dilakukan di SISTER (Versi Cloud)
Berlaku untuk keseluruhan
Untuk saat ini approval PDD untuk PTN BH ada di kementerian
Betul, update ini dilakukan oleh semua PT
Proses tersebut perlu dilakukan melalui Admin PDDIKTI
Jika penilaian hingga 31 Juli, maka penilaian dapat dilakukan di SISTER PT yang ada saat ini
Dapat melakukan registrasi pada SISTER PT saat ini
Segera instal jika memungkinkan, jika tidak maka perlu menunggu SISTER Versi Cloud di bulan Agustus untuk mulai menggunakan layanan dosen
Dapat diinformasikan ke Pusat Bantuan untuk lebih detailnya supaya dapat dilakukan pengecekan. Penting diingat, data mata kuliah pada SISTER berasal dari data yang diisi melalui aplikasi PDDIKTI
Tentu saja, dosen dapat melakukan registrasi pada halaman awal SISTER
Apakah untuk seluruh tendik harus memiliki akun SISTER juga? Karena selama ini hanya dosen saja yang memiliki akun SISTER.
Tendik perlu memiliki akun SISTER untuk dapat melakukan perubahan data tendik secara mandiri
Akan sama seperti dengan PT yang lain
Untuk pengintegrasian dengan akun SISTER sedang kami kaji
Masih sama seperti sebelumnya, hanya menu update dan sinkronisasi yang akan dihapus
Berikut adalah kumpulan Soal Sering Ditanya pada sesi Sosialisasi Persiapan Perilisan SISTER (Versi Cloud) yang dilaksanakan pada 10 Juli 2023.
(Klik pada kalimat pertanyaan untuk membuka jawabannya)
SISTER (versi Cloud) tidak perlu diunduh dan dapat langsung diakses pada laman https://sister.kemdikbud.go.id/
Mohon untuk menginformasikan nama PT. Sebagai informasi untuk proses pengecekan manual sync membutuhkan waktu hingga 2x24 jam.
Untuk pergantian email mohon untuk bersurat ke PDDikti pada email pddikti@kemdikbud.go.id.
Jika belum pernah, untuk Dosen bisa langsung mendaftar. Untuk pendaftaran akun Admin PT perlu mengirimkan surat kepada Sesditjen DIKTI.
Seluruh operasional dipindah untuk dilakukan di SISTER Cloud, namun kami mengimbau untuk tidak mematikan SISTER PT sekarang terlebih dahulu dikarenakan data SISTER PT sekarang menjadi acuan utama untuk back-up. Setelah SISTER (versi Cloud) sudah cukup stabil, SISTER PT dapat dinonaktifkan
Ya, ter-cover.
Mohon untuk melakukan migrasi akun terlebih dahulu pada laman man-akses oleh Admin PT.
Untuk SISTER (versi Cloud) tidak membutuhkan untuk klik sinkronisasi pada platform karena akan tersinkronisasi secara otomatis.
Perlu melakukan konfirmasi ke Pusat Bantuan bahwa Perguruan Tinggi belum pernah memakai SISTER sebelumnya dan akan berlanjut ke SISTER (versi Cloud) tanpa melakukan sinkronisasi.
Khusus untuk perubahan data dosen, namun untuk registrasi serta penonaktifan dosen masih di PDDIKTI Admin.
Untuk data-data seperti Serdos, BKD dan PDD Dosen dapat dilihat oleh Admin PT terkait.
Perubahan data dosen dari aktif ke Tugas Belajar dapat dilakukan di SISTER yang perlu diajukan dari akun Admin PT. BKD untuk dosen Tugas Belajar masih dapat diubah di setting BKD Dosen tersebut.
Apabila pengajuan homebase di PDDikti belum disetujui. Mohon untuk menghubungi pihak PDDikti melalui call center 126 untuk melakukan follow up.
Mohon untuk melaporkannya ke Pusat Bantuan dengan melampirkan screen record berbentuk video rekam layar agar dapat dibantu lebih lanjut.
Mohon untuk menghubungi Pusat Bantuan. Apabila pengajuan sudah melebihi 14 hari, maka akan dibantu dieskalasi ke tim terkait.
Silakan untuk mengajukan kembali melalui SISTER (versi Cloud).
Mohon pastikan sudah memilih peran pada level Perguruan Tinggi dan bukan pada level Pusat.
Silakan menghubungi Admin PT terkait untuk menambahkan peran tersebut pada laman man-akses.
Benar, untuk SISTER (versi Cloud) akan ada beberapa perubahan terutama pada menu penugasan Asesor.
Untuk jurnal yang tidak muncul di Media Publikasi karena jurnal tersebut harus diimport terlebih dahulu oleh Admin PT.
Untuk login SISTER (versi Cloud) dapat menggunakan username dan password yang sama seperti login dahulu di SISTER PT.
Dosen bisa mengganti email dengan melakukan perubahan username di menu pengaturan.
Untuk Layanan Serdos seharusnya tetap dibuka dan Anda bisa membuka status ketersediaan Serdos Anda.