ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

Ciletuh_Pelabuhan Ratu Geopark

Liburan dan Menambah Ilmu

Admin | Jumat, 19 Oktober 2018 - 08:34:42 WIB | dibaca: 36598 pembaca

Ciletuh-Pelabuhan Ratu Geopark

Liburan dan Menambah Ilmu

Oleh:

Arinil Hidayah, SKM, M.Kes

  

Pesona wisata dalam negeri memang selalu memikat hati, menjadikan diri semakin bangga dan bersyukur menjadi bagian dari Indonesia tercinta. Siapa yang tidak suka dengan pemandangan hijau sepanjang jalan yang menyejukkan mata, desiran ombak laut lepas pantai yang belum terjamah. Rasanya lelah bekerja hilang ketika disuguhi pertunjukan sedemikian indah.

Itulah beberapa pengalaman yang akan didapatkan saat berkunjung ke Ciletuh-Pelabuhan Ratu Geopark. Geopark dengan luas 126.100 ha yang tersebar di ¬†8 Kecamatan dan 74 desa/ kelurahan ini merupakan salah satu pusat riset dan menjadi program unggulan di Universitas Padjadjaran sejak tahun 2016. Konsep Geopark dipilih dengan tujuan untuk ‚ÄĚMemuliakan Bumi, Mensejahterakan Masyarakat‚ÄĚ melalui manajemen pengembangan kawasan secara berkelanjutan dengan memaduserasikan tiga keanekaragaman alam yaitu Geologi, Hayati dan Budaya. Geopark ini juga menjadi wadah pemberdayaan masyarakat dengan prinsip mengembangkan kearifan local.

Ciletuh-Pelabuhan Ratu Geopark yang terletak di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat ini memiliki fitur geologi yang luar biasa mulai dari formasi batuan tertua, lanskap berbentuk tapal kuda dan geyser, keanekaragaman hayati dan raflesia dan keragaman budaya yang masih murni warisan kebudayaan zaman Megalitikum. Dengan tujuan untuk melestarikan peninggalan sejarah dan melestarikan keaneragaman hayati ini mendorong Unpad untuk menjadikannya sebagai salah satu Geopark International dan pada bulan April tahun 2018 Geopark pelabuhan ratu resmi menjadi Internatinal Geopark oleh UNESCO.

Berkunjung ke Ke Ciletuh-Pelabuhan Ratu Geopark adalah pilihan yang tepat bagi pecinta ilmu pengetahuan, yang ingin berwisata tanpa membuang waktu sia-sia. Disetiap destinasi wisata disediakan Tour Guide yang sudah menguasai keilmuan tentang tempat wisata, mereka dibina oleh pengelola Geopark dengan pengetahuan ilmiah. Sehingga informasi yang kita peroleh adalah valid.

Berikut adalah beberapa spot destinasi wisata yang bisa dinikmati saat berkunjung ke Ciletuh-Pelabuhan Ratu Geopark.

  

Menikmati Sunset di Tebing Panenjoan

                                          

Panenjoan adalah puncak dengan ketinggian 300-an mdpl, tempat yang sudah di desain untuk bisa menikmati keindahan Amfiteater alam raksasa Ciletuh dari ketinggian. Sunset adalah salah satu momen yang di tunggu di tempat ini.

Pantai Palangpang

                                          

Pantai Palangpang adalah destinasi laut lepas, pengunjung akan disajikan pemandangan laut lepas yang belum terkontaminasi. Tulisan ‚ÄúGeopark Ciletuh‚ÄĚ berwarna kuning menjadi salah satu ikon ditempat ini.

Curug Cimarinjung

                                                          

Curug ini kelihatan bagian atasnya dari Pantai Palangpang. Terletak juga di Desa Ciwaru, di aliran Sungai Cimarinjung. Tingginya lebih dari 50 m. Batunya adalah batuan sedimen berjenis batu pasir tufan dan breksi. Di atasnya di aliran yang sama ada Curug Nyelempet dan Curug Dogdog. Ketiganya terbentuk karena proses tektonik. Air curug ini dipakai untuk mengairi persawahan di bawahnya.

Geyser Cisolok

Ini adalah air mancur panas abadi 24 jam dan merupakan satu-satunya di Indonesia. Salah satu fenomena alam yang langka menurut ilmu Geologi, fenomena ini yang disebut geyser. Geyser adalah sejenis mata air yang menyembur secara periodic, mengeluarkan air panas dan uap air ke udara. Pembentukan geyser bergantung kepada keadaan Hidrogeologi tertentu yang hanya terdapat di beberapa tempat di bumi, dan merupakan fenomena yang jarang ditemui.

 

Konservasi Penyu Pangumbahan

               

Ini adalah salah satu tempat konservasi penyu yang ada di Indonesia. Berkunjung pada sore hari menjelang terbenam matahari sangat disarankan, agar dapat langsung menyaksikan pelepasan tukik ke laut.

Itulah beberapa destinasi yang dapat dikunjungi di Ciletuh-Pelabuhan Ratu Geopark dan tentunya masih ada beberapa destinasi lainnya yang bisa anda lihat di www.geoparks.id atau www.unpad.ac.id

 

Mari kita hidupkan perekonomian daerah dengan mengunjungi destinasi wisata dalam negeri.

Semoga Bermanfaat










Komentar Via Website : 241
penyebab ablasio retina dan cara mengobatinya
03 November 2018 - 10:16:19 WIB
mantap artikelnya
macam macam penyakit kista dan cara mengatasinya
20 November 2018 - 10:53:57 WIB
makasih informasinya
cara menyembuhkan mata merah pada anak
05 Desember 2018 - 14:13:32 WIB
Dina
11 Desember 2018 - 05:48:34 WIB
Brodinho
28 Desember 2018 - 22:53:55 WIB
Memang benar Liburan itu selain Refresing juga banyak manfaat https://clyp.it/user/c3d10ohp - http://bit.ly/Netterid - https://musescore.com/artikata
obat mata silinder di apotik
31 Desember 2018 - 09:39:02 WIB
makasih informasinya
cara mengatasi mata berair
03 Januari 2019 - 10:42:49 WIB
makasih informasinya
cara mengobati mata merah secara alami
04 Januari 2019 - 11:07:14 WIB
makasih informasinya
AwalKembali 123... 25 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)